Pengertian Keaktifan Siswa Ebook 25
Hasil pengamatan selama pembelajaran jarak jauh baik keaktifan siswa dalam belajar dan hasil belajar mulai menurun. Terlihat pada saat uji coba pra siklus sebelum dilakukan dengan pemberian tindakan berupa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) hasil belajar banyak yang tidak tuntas sesuai capaian pembelajaran. Peneliti akhirnya mencoba untuk menerapkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kompetensi dasar strategi perjuangan bangsa Indonesia pada pergerakan nasional. Diperoleh hasil yang meningkat dari siklus pertama dan siklus kedua. Persentase ketuntasan peserta didik kelas XI IPA 1 pada siklus I dan II menggunakan model pembelajaran PBL masing-masing siklus menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pengetahuan peserta didik dan sesuai dengan indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu sebesar 59,82% pada siklus I dan 82,35% pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar ketrampilan peserta didik kelas XII IPA 1 pada siklus I yaitu 73,52% sedang iklus II meningkat menjadi 88, 23%. Kumudian untuk indikator keaktifan siswa juga mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan siklus I peserta didik yang bersemangat untuk hadir tepat waktu hanya mencapai 69,11% dan siklus II persentase keaktifan peserta didik meningkat menjadi 95,58%. Keaktifan peserta didik dalam berdiskusi dalam kelompok untuk memecahkan masalah pada siklus I 65,44%, pada siklus II meningkat menjadi 69,11%. Pada siklus I peserta didik yang mampu menyelesaikan dengan baik dan berdiskusi dengan kelompoknya 63,97%, pada siklus II meningkat menjadi 84,55%. Keaktifan peserta didik dalam bertanya. Siklus I peserta didik yang berani percaya diri untuk bertanya mencapai 70,58%, pada siklus II meningkat menjadi 77,2%. Keaktifan peserta didik dalam menjawab pertanyaan. Pada siklus I peserta didik yang berani dan percaya diri untuk menjawab pertanyaan hanya mencapai 66,17%, pada siklus II meningkat menjadi 74,26%. Keaktifan peserta didik dalam menyimpulkan materi. Pada siklus I peserta didik yang dapat menyimpulkan materi dengan lengkap hanya mencapai 61,74%, pada siklus II meningkat menjadi 69,91%.
pengertian keaktifan siswa ebook 25